PROGRAM SEMESTER
Sekolah : SMA Negeri 1
Purbalingga
Mata Pelajaran : Kimia
Kelas : XI
Semester : 1
Tahun Akademik : 2012/2013
No
|
Kompetensi
Dasar/Materi
|
Alokasi
Waktu
|
Bulan
|
||||||||||||||||||||||||
Juli
|
Agustus
|
September
|
Oktober
|
November
|
Desember
|
||||||||||||||||||||||
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|||
1.1
|
Menjelaskan teori atom Bohr dan mekanika kuantum untuk
menuliskan konfigurasi elektron dan diagram orbital serta menentukan letak
unsur dalam tabel periodik.
|
6
|
√
|
√
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1.2
|
Menjelaskan teori jumlah pa sangan elektron disekitar inti atom dan
teori hibridisasi un tuk meramalkan
bentuk molekul.
|
4
|
|
|
√
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1.3
|
Menjelaskan interaksi
antar molekul(gaya antar molekul) dengan sifatnya.
|
4
|
|
|
|
|
|
|
√
|
√
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Ulangan
Harian
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
√
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.1
|
Mendiskripsikan
perubahan Entalpi suatu suatu reaksi, Reaksi eksoterm dan reaksi Endoterm.
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
√
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.2
|
Menentukan DH reaksi berdasarkan percobaan, hukum Hess, data perubahan entalpi
pembentukan standart dan data entalpi ikatan.
|
6
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
√
|
√
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Ulangan Harian
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
√
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.1
|
Mendiskripsikan pengertian laju reaksi dengan melakukan
percobaan tentang faktor-fak tor yang mempengaruhi laju reaksi.
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
√
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.2
|
Memahami teori tumbukan (tabrakan) untuk menjelaskan
faktor-faktor penentu laju re aksi dan orde reaksi dan terapannya dalam
kehidupan sehari-hari.
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
√
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Ulangan Harian
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
√
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.3
|
Menjelaskan keseimbangan dan faktor yang mempengaruhi
pergeseran arah keseimbangan dengan melakukan percobaan.
|
6
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
√
|
√
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.4
|
Menentukan hubungan kuantitatif antara pereaksi dengan
hasil reaksi dari suatu reaksi keseimbangan
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
√
|
|
|
|
|
|
|
|
3.5
|
Menjelaskan penerapan prinsip keseimbangan dalam kehidupan
sehari-hari dan industri.
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
√
|
|
|
|
|
|
|
Ulangan
Harian
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
√
|
|
|
|
|
|
|
Ujian
Mid Semester
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
√
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Ujian
Semester
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
√
|
|
|
|
|
|
Cadangan
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
√
|
|
|
|
|
Ulangan
Remidial
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
√
|
|
|
|
Jumlah
jam per bulan
|
6
|
6
|
8
|
18
|
18
|
6
|
|||||||||||||||||||||
Jumlah
jam 1 semester
|
62
|
Yogyakarta,
10 Mei 2012
Mengetahui
:
Guru
Pembimbing, Praktikan,
Drs.
Sutiman Dyah Titik Febriana
NIP.
19480604 197303 1 001 NIM. 10303241007
PROGRAM SEMESTER
Sekolah : SMANegeri 1 Purbalingga
Mata Pelajaran : Kimia
Kelas : X
Semester : 2
Tahun Akademik : 2012
No
|
Kompetensi
Dasar/Materi
|
Alokasi
Waktu
|
Bulan
|
|||||||||||||||||||||||||
Januari
|
Februari
|
Maret
|
April
|
Mei
|
Juni
|
|||||||||||||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|||
4.1
|
Menndiskripsikan teori teori asam basa dengan menentukan sifat larutan dan menghitung pH.
|
10
|
√
|
√
|
√
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Ulangan
Harian
|
2
|
|
|
|
√
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.2
|
Menghitung banyaknya pereaksi dan hasil reaksi dalam
larutan elektrolit dari hasil titrasi.
|
6
|
|
|
|
√
|
√
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.3
|
Menggunakan kurva perubahan harga pH pada titrasi asam
basa untuk menjelaskan larutan penyangga dan hidrolisis.
|
6
|
|
|
|
|
|
√
|
√
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Ulangan
Harian
|
2
|
|
|
|
|
|
|
√
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.4
|
Mendiskripsikan
sifat larutan penyangga dan peranan larutan penyangga dalam tubuh mahluk
hidup.
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
√
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.5
|
Menentukan jenis garam yang mengalami hidrolisis dalam
air dan mengukur dan pH larutan garam tersebut.
|
6
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
√
|
√
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Ulangan
Harian
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
√
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.6
|
Memprediksi terbentuknya endapan dari suatu reaksi berdasarkan
prinsip kelarutan dan hasilkali kelarutan.
|
6
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
√
|
√
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Ulangan
Harian
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
√
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.7
|
Membuat berbagai sistem koloid dengan bahan-bahan yang
ada disekitarnya.
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
√
|
|
|
|
|
|
|
|
4.8
|
Mengelompokkan sifat-sifat koloid dan penerapannya
dalam kehidupan sehari-hari.
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
√
|
|
|
|
|
|
|
|
Ulangan
Harian
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
√
|
|
|
|
|
|
|
|
Ulangan
Mid Semester
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
√
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Ujian
Semester
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
√
|
|
|
|
|
|
|
Cadangan
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
√
|
|
|
|
|
|
Ulangan
Remidial
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
√
|
|
|
|
|
Jumlah
jam per bulan
|
18
|
10
|
14
|
4
|
10
|
2
|
||||||||||||||||||||||
Jumlah
jam 1 semester
|
58
|
Yogyakarta, 10
Mei 2012
Mengetahui
:
Guru
Pembimbing, Praktikan,
Drs.
Sutiman Dyah Titik Febriana
NIP.
19480604 197303 1 001 NIM. 10303241007
Tidak ada komentar:
Posting Komentar