PROGRAM TAHUNAN
Mata Pelajaran : Kimia
Sekolah : SMA Negeri 1 Purbalingga
Kelas : XI IPA
Tahun Pelajaran : 2012/2013
Semester
|
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Alokasi Waktu
(jam
pelajaran)
|
Keterangan
|
1
|
1.Memahami struktur atom, untuk meramalkan sifat-sifat
periodik unsur, struktur molekul dan sifat-sifat senyawa
|
1.1.
Menjelaskan teori
atom Bohr dan mekanika kuantum untuk menuliskan konfigurasi elektron dan
diagram orbital serta menentukan letak unsur dalam tabel periodik.
|
6
|
Struktur Atom dan Sistem Periodik
|
1.2.
Menjelaskan teori
jumlah pasangan elektron disekitar
inti atom dan teori hibridisasi untuk
meramalkan bentuk molekul.
|
4
|
Teori
Domain Elektron
|
||
1.3.
Menjelaskan
interaksi antar molekul(gaya antar
molekul) dengan sifatnya.
|
4
|
Gaya
Antar Molekul
|
||
Ulangan Harian ke-1
|
2
|
|
||
2. Memahami
perubahan energi dalam kimia, cara pengukurannya.
|
2.1.Mendiskripsikan
perubahan Entalpi suatu suatu reaksi, Reaksi eksoterm dan reaksi Endoterm.
|
4
|
Perubahan Entalpi
|
|
2.2.Menentukan DH reaksi berdasarkan percobaan, hukum Hess, data perubahan entalpi
pembentukan standart dan data entalpi ikatan.
|
6
|
Penentuan
DH reaksi
|
||
Ulangan
Harian ke-2
|
2
|
|
||
Ulangan
Mid Semester
|
2
|
|
||
3. Memahami kinetika reaksi, kesetimbangan kimia dan faktor-faktor yang
mempengaruhinya serta penerapannya dalam kehidupan sehari dan industri.
|
3.1.Mendiskripsikan
pengertian laju reaksi dengan melakukan percobaan tentang faktor-faktor yang
mempengaruhi laju reaksi.
|
4
|
Laju Reaksi dan Faktor-faktor yang mempengaruhi
|
|
3.2.Memahami
teori tumbukan(tabrakan) untuk menjelaskan faktor-faktor penentu laju reaksi
dan orde reaksi dan terapannya dalam kehidupan sehari-hari.
|
4
|
Teori
Tumbukan dan Laju Reaksi
|
||
Ulangan Harian
ke-3
|
2
|
|
||
3.3.Menjelaskan
keseimbangan dan faktor yang mempengaruhi pergeseran arah keseimbangan dengan
melakukan percobaan.
|
6
|
Keseimbangan
dan Arah pergeseran Keseimbangan
|
||
3.4.Menentukan
hubungan kuantitatif antara pereaksi dengan hasil reaksi dari suatu reaksi
keseimbangan
|
4
|
Hubungan
Kuantitatif antara Pereaksi dan hasil Reaksi
|
||
3.5.Menjelaskan penerapan prinsip keseimbangan dalam
kehidupan sehari-hari dan industri.
|
4
|
Penerapan
Prinsip Keseimbangan
|
||
Ulangan Harian ke-4
|
2
|
|
||
Ujian Semester
|
2
|
|
||
Ujian Remidial
|
2
|
|
||
Ujian Cadangan
|
2
|
|
||
Jumlah
|
62
|
|
||
2
|
4. Memahami siafat-sifat larutan asam basa, metode
pengukuran dan terapannya.
|
4.1.Menndiskripsikan teori
teori asam basa dengan menentukan sifat larutan dan menghitung pH.
|
10
|
Teori
Asam-Basa dan pH Asam Basa
|
Ulangan Harian ke-1
|
2
|
|
||
4.2.Menghitung banyaknya pereaksi
dan hasil reaksi dalam larutan elektrolit dari hasil titrasi.
|
6
|
Titrasi
|
||
4.3.Menggunakan kurva perubahan
harga pH pada titrasi asam basa untuk menjelaskan larutan penyangga dan
hidrolisis.
|
6
|
Larutan
Penyangga dan Hidrolisis
|
||
Ulangan harian ke-2
|
2
|
|
||
Ulangan Mid Semester
|
2
|
|
||
4.4. Mendiskripsikan sifat larutan
penyangga dan peranan larutan penyangga dalam tubuh mahluk hidup.
|
2
|
Sifat Larutan Penyangga
|
||
4.5.Menentukan jenis garam yang mengalami hidrolisis
dalam air dan mengukur dan pH larutan garam tersebut.
|
6
|
pH Hidrolisis Garam
|
||
Ulangan Harian ke-3
|
2
|
|
||
4.6.Memprediksi terbentuknya endapan dari suatu reaksi
berdasarkan prinsip kelarutan dan hasilkali kelarutan.
|
6
|
Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan
|
||
Ulangan Harian ke-4
|
2
|
|
||
4.7. Membuat berbagai sistem koloid dengan bahan-bahan
yang ada disekitarnya.
|
2
|
Pembuatan Koloid
|
||
4.8.Mengelompokkan sifat-sifat koloid dan penerapannya
dalam kehidupan sehari-hari.
|
2
|
Sifat-sifat Koloid
|
||
Ulangan Harian
ke-5
|
2
|
|
||
Ujian
Semester
|
2
|
|
||
Ujian
Remidial
|
2
|
|
||
Cadangan
|
2
|
|
||
Jumlah
|
|
58
|
|
Yogyakarta, 10
Mei 2012
Mengetahui
:
Guru Pembimbing, Praktikan,
Drs. Sutiman Dyah
Titik Febriana
NIP. 19480604 197303 1 001 NIM. 10303241007
Tidak ada komentar:
Posting Komentar