Laman

Kamis, 06 Desember 2012

Kreativitas Mahasiswa

Mahasiswa tidak hanya dituntut untuk belajar dan meperoleh IPK yang baik. ada banyak hal yang dapat dilakukan selagi masih mengenakan jaket almamater ini. sebut saja mulai dari organisasi, kegiatan sosial sampai pada pengabdian kepada masyarakat. Mengingat mahasiswa mempunyai tanggngjawab moral terhadap masyarakat sekitar dalam pemberdayaan dan pembangunan, lahan belajar mahasiswa juga tidak terlepas hanya di dalam kampus. Masyarakat adalah universitas kehidupan, tempat paling ssuai untuk belajar menjadi bagian dari masyarakat yang berpendidikan dan berbudi pekerti luhur.
Salah satu hal yang dapat dilakukan adalah dengan mnegembangkan kreativitas melalui program-program yang bermanfaat untuk masyarakat.
Sebuah program pemberdayaan petani telah dilakukan oleh beberapa mahasiswa jurusan Kimia Universitas Negeri Yogyakarta guna memanfaatkan limbah ampas tahu menjadi ppupuk yang bermanfaat bagi petani.
Banyak hal yang diperoleh dalam proses melaksanakan program tersebut, tidak hanya menambah ilmu tentang bagaimana membuat pupuk, bagaimana mengaplikasikan pengetahuan-pengetahuan yang berkaitan dengan kimia dalam mengolah limbah tetapi juga belajar bagaimana menjadi masyarakat yang baik, bersahaja dan senantiasa menghargai semua proses dalam menghaapi kehidpan. :)
Berikut adalah beberapa dokumentasi pelaksanaan program kreativitas mahasiswa dalam melaksanakan pengapdian di masyarakat Dusun Madugondo Sitimulyo Piyungan Bantul.

 Kegiatan saat seminar dan demonstrasi bagaimana mengolah limbah ampas tahu menjadi pupuk.

 Lokasi pabrik limbah tahu dengan lahan pertanian masyarakat


Pemanfaatan pupuk limbah tahu.

Tidak ada komentar: